Selasa, 10 November 2009

Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar yaitu studi untuk mengsegmentasikan atau mengelompokan pasar ke dalam kelompok-kelompok yang lebih homogen sehingga perusahaan dapat mengetahui profil konsumen yang akan dituju berdasarkan karakteristik tertentu. Sehingga produk dapat terserap oleh pasar sesuai dengan keinginan konsumen.
Strategi segmentasi pasar
- targeting : menentukan sasaran yang ingin dituju melalui produk yang akan dipasarkan.
- Positioning : menentukan posisi yang tepat untuk pemasaran produk.

Segmentasi pasar mencakup kedalam 4P yaitu :
1. price (harga) : menentukan harga yang sesuai dengan konsumen.
2. product (produk) : menentukan produk yang baik untuk dipasarkan.
3. place (tempat) : menentukan tempat yang sesuai dengan produk yang akan dipasarkan.
4. promotion (promosi) : mempromosikan produk yang akan dipasarkan kepada konsumen.

Segmentasi pasar dapat dilihat berdasarkan :
1. Demografis
yaitu mengkaji sebab dan akibat perusahaan struktur kependudukan termasuk peningkatan atau pengurangan jumlah penduduk yang disebabkan tingkat kelahiran, tingkat kematian dan proses perpindahan pedunduk.
2. Geografis
yaitu menentukan wilayah pemasaran yang baik untuk memasarkan produk.
3. Psikologis
yaitu dapat terlihat dari kepribadian dan sikap konsumen.
4. Psikografis
yaitu menentukan sesuai dengan sikologis, geografis dan style hidup (gaya hidup) konsumen.
5. Sosial budaya
yaitu tanpa melihat adanya perbedaan etis dan agama.
6. Terkait pemakaian
yaitu menentukan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen yang bersifat permanent untuk kebutuhan konsumen sehari-hari.
7. Situasi pemakaian
yaitu menentukan produk yang sesuai dengan situasi dan kondisi yang terjadi setiap waktu. Seperti saat lebaran dengan membeli baju muslim.
8. Manfaat
yaitu dengan melihat kegunaan produk yang dihasilkan.
9. Gabungan
yaitu keseluruhan system yang dapat dilakukan bersama-sama untuk menghasilkan produk yang baik.

Sumber : www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar